Alasan material kayu merupakan pilihan yang tepat untuk rumah idaman

Mengubah rumah menjadi tempat house party ? Bisa !
June 5, 2020

Alasan material kayu merupakan pilihan yang tepat untuk rumah idaman

Halo selamat datang kembali di artikel Penthouse.co.id. Ketika kamu akan membangun atau merenovasi rumah, kamu pasti akan berpikir tentang bahan yang akan digunakan. Dari segala kayu yang tersedia untuk membangun rumah, kayu merupakan bahan yang sangat bisa kamu pertimbangkan. Kayu dapat digunakan untuk bermacam-macam tujuan. Selain itu, harganya pun bisa dibilang terjangkau.

Selain dari kelebihan-kelebihan yang telah disebutkan tadi, masih banyak alasan-alasan lainnya yang dapat meyakinkan kamu untuk menggunakan kayu sebagai material rumahmu. Alasan apakah itu? Penthouse.co.id telah merangkumnya untuk kamu.

  • Ramah lingkungan

Seperti di film-film pada umumnya, rumah yang terbuat dari kayu cenderung dikaitkan dengan karakteristik yang ramah lingkungan. Nyatanya, rumah kayu memang ramah lingkungan. Kayu menyimpan karbon yang menyebabkan berkurangnya tingkat karbon di atmosfer. Selain itu, dibandingkan bahan-bahan lain yang sering digunakan untuk membangun rumah seperti besi, produk kayu juga mudah untuk didaur ulang untuk tujuan lainnya. Alasan-alasan ini cukup kuat untukmu tinggal di rumah berbahan kayu dengan nyaman tanpa harus khawatir akan merusak lingkungan.

  • Kuat dan ringan

Kalau kamu ingin rumah yang kokoh dan kuat, tanpa memberikan kesan yang terlalu berat dan tetap elegan, kayu merupakan bahan yang cocok untukmu. Meskipun tidak nampak begitu kuat, kayu sebenarnya kuat ketika membangun atau merenovasi rumah. Kekuatannya bahkan tidak kalah dengan konkrit. Selain itu, kayu juga memiliki karakteristik yang ringan sehingga cocok dijadikan pilihanmu ketika membangun rumah.

  • Bisa menyesuaikan dengan suhu sekitar

Tahukah kamu? Kayu merupakan bahan insulator yang mampu menyesuaikan diri dengan suhu di sekitar. Ketika suhu di luar panas, maka kayu tidak akan ikut panas, namun malah menetralkan suhu sehingga menjadi dingin. Begitu pun sebaliknya. Hal ini memudahkan kamu untuk menghemat energi dan tinggal dengan nyaman.

  • Tahan gempa

Kayu terbilang kuat dan kokoh bukan tanpa alasan. Kekuatan dari kayu adalah kemampuannya menahan gempa. Sifat kayu yang elastis membuatnya memiliki kapabilitas untuk menahan tekanan gempa. Khususnya pada bangunan-bangunan tradisional, mereka menggunakan kayu sebagai bahan utama yang mampu menahan gempa.

  • Tampil aesthetic

Rumah berbahan kayu, meskipun tradisional, tak selalu kuno. Penggunaan kayu yang tepat jika dipasangkan dengan desain yang indah mampu membuat rumahmu tampil aesthetic dan modern. Meskipun terlihat simpel, namun nyatanya kayu memiliki ribuan jenis yang memiliki ciri khas masing-masing. Artinya, kamu tetap memiliki ruang untuk berkreativitas dalam membangun rumah impianmu.

Bagaimana? Berdasarkan keuntungan-keuntungan di atas, apakah kamu tertarik menggunakan kayu? Semoga artikel dari Penthouse.co.id yang satu ini mampu memberikan kamu pencerahan, ya.