Inspirasi membuat musholla yang ideal

Menghias kamar tidur agar nyaman dan aesthetic
May 17, 2020
Pentingnya Memilih Warna yang Tepat untuk Rumahmu
June 4, 2020

Inspirasi membuat musholla yang ideal

Beribadah merupakan sebuah kewajiban. Untuk menunaikannya, kebanyakan orang melakukannya di kamar sendiri. Namun, kamu juga bisa membuat mushola sendiri, lho. Dengan memiliki ruang khusus untuk beribadah, kamu akan lebih nyaman dan konsentrasi. Tamu yang datang ke rumahmu juga akan merasa lebih nyaman beribadah di rumahmu.

Tertarik membuat mushola mini di rumahmu? Berikut ini beberapa ide yang dapat Penthouse.co.id berikan untuk membuat mushola mini yang mungkin menginspirasi kamu. Desainnya menarik, namun masih tetap bernuansa religius. Yuk, kita simak beberapa contoh mushola mini tersebut.

  • Polos bisa menjadi pilihan

Mushola mini jenis ini sangatlah simpel, tidak terlalu sempit maupun terlalu luas sehingga sangat cocok untuk menunaikan ibadah. Berhubung mushola ini berada di rumah, maka ia tidak membutuhkan begitu banyak space. Di atas lantai diletakkan sebuah karpet yang menutupi seluruh permukaan lantai agar tidak licin dan nyaman. Barulah di atasnya disediakan sajadah.

Di pojok ruangan, kamu dapat menempatkan lemari atau rak khusus untuk keperluan beribadah. Di sana, kamu dapat menempatkan barang-barang untuk keperluan beribadah, seperti sajadah, sarung, mukena, Al-Qur’an, tasbih, dan sebagainya. Ukuran rak sebaiknya tidak terlalu besar agar tidak membuat ruangan terlihat sempit.

Dikarenakan wallpaper dan keramik lantai mushola ini polos, maka merupakan ide yang bagus untuk menghias dindingnya dengan hiasan berbau religi. Kamu juga bisa menempatkan tanaman-tanaman hias kecil pada rak untung mengisi kekosongan ruangan.

  • Sempit tapi nyaman

Mushola dengan jenis yang satu ini berukuran cukup sempit sehingga hanya dapat digunakan oleh satu hingga dua orang saja. Ukuran musholla dengan jenis ini dapat berupa 2 x 2 meter saja. Untuk kamu yang memiliki masalah dengan space, mushola seperti ini bisa kamu tiru.

Meskipun ukurannya yang cukup sempit, namun di ruangan ini masih bisa diisi dengan rak untuk menaruh mukena dan gantungan di pojok ruangan. Bahkan disediakan bantal untuk beristirahat di mushola mini tersebut.

Di mushola ini juga terdapat jendela sehingga penggunanya tidak perlu khawatir soal pencahayaan. Diletakkan gorden transparan agar tidak terlalu silau, namun kamu juga bisa menambahkan gorden dengan warna lain sesuai dengan keinginanmu.

  • Mushola bernuansa megah

Mushola yang satu ini sangatlah simpel. Dibandingkan fungsi estetika, mushola ini lebih menekankan pada fungsi praktisnya. Tidak ada begitu banyak dekorasi di dalamnya sehingga tidak mendistraksi. Artinya, kamu bisa lebih fokus beribadah di mushola yang seperti ini. Kalau kamu ingin meniru mushola ini, kamu hanya perlu mencari wallpaper dan karpet yang cocok dengan satu sama lain.

Wallpaper yang dapat digunakan di mushola ini dapat memberikan kesan megah dan mahal. Begitu pula dengan karpetnya. Karpet yang digunakan berbahan tebal dengan motif yang tidak terlalu ramai maupun terlalu polos. Penggunaan wallpaper dan karpet melengkapi satu sama lain sehingga membuat ruangan lebih enak dipandang.

  • Mushola dengan sentuhan alam

Berbeda dengan mushola-mushola sebelumnya, mushola yang satu ini dapat ditempatkan di sebelah taman yang penuh dengan tanaman hijau. Mushola ini memberikan kesan yang berbeda dan unik. Memadukan mushola dengan nuansa hijau menjadi konsep yang fresh dan belum banyak dilakukan.

Terdapat jendela besar yang memungkinkan penggunanya untuk melihat ke taman dan menikmati pemandangan. Atau, kamu juga bisa menghilangkan jendela sama sekali sebagai alternatif. Karena di sebelah ruangan sudah terdapat taman, maka dinding dan lantai yang putih polos membuat tanaman hijau terlihat lebih vibrant.

Nah, sekian dulu inspirasi membangun mushola mini untuk rumahmu. Semoga kamu bisa mnedapatkan pencerahan dalam mendekorasi mushola mu, ya. Jangan lupa nantikan artikel-artikel terus lainnya dari Penthouse.co.id agar kamu tidak kelewatan.