Membuat tangga ideal untuk rumah hunian anda

Menciptakan rumah minimalis dengan budget idealis
October 14, 2019
Tips menanggulangi kebocoran pada rumah tinggal sedari dini
October 24, 2019

Membuat tangga ideal untuk rumah hunian anda

Pada kesempatan kali ini, kami dari Penthouse.co.id akan melanjutkan memberikan tips-tips dalam menciptakan hunian yang ideal untuk anda seperti biasanya. Untuk tips kali ini kami akan memberikan tips yang banyak dicari oleh pembaca-pembaca diluar sana, yaitu tips bagaimana membuat tangga yang ideal untuk rumah hunian bagi masing-masing pembaca.

Pada dasarnya, elemen tangga di dalam suatu bangunan adalah suatu hal yang kita rasa suatu hal yang biasa dan tidak perlu dipelajari lebih lanjut. Namun, asal pembaca tahu, bahwa sebenarnya pembuatan tangga dalam suatu bangunan (tidak hanya di rumah tinggal) perlu disesuaikan dengan audience/ peserta dari bangunan itu sendiri. Apakah peserta tersebut berusia muda, tua, memiliki penyakit, dan sebagainya. Sebelum membahas lebih lanjut, baiknya kita membagi hal-hal tersebut menjadi beberapa bagian.

1. Lebar tangga

Lebar tangga merupakan hal yang paling utama untuk dipikirkan sebelum melangkah ke dalam pembuatan tangga. Hal ini dikarenakan akan mempengaruhi bagaimana tangga ini akan digunakan. Contoh, jika akan membuat tangga di dalam bangunan yang bersifat umum (seperti rumah sakit, hotel, puskesman, dll) sebaiknya lebar tangga dibuat agar minimum ada 2 orang yang bisa saling berpapasan di area tangga (Naik dan turun). Sehingga untuk lebar minimum dalam pembuatan tangga adalah sebesar 1.2 meter (asumsi dimensi lebar untuk orang asia adalah sebesar 60 cm). Jika ingin diaplikasikan ke dalam rumah tinggal, dengan asumsi pengguna tangga tidak perlu berpapasan, maka lebar tangga sebesar 1 meter sudah lebih dari cukup.

2. Lebar anak tangga

Berbeda dengan poin yang kami utarakan sebelumnya, pada poin ini kami akan memberikan tips dalam menentukan lebar anak tangga yang ideal untuk kebutuhan setiap bangunan. Pertama kita harus tentukan dahulu untuk tangga yang akan dibuat dalam bangunan tersebut apakah peruntukannya untuk bangunan umum (seperti rumah sakit, mall, apartemen, hotel, dll) atau bangunan pribadi (seperti rumah tinggal,villa, dll). Karena untuk bangunan umum seperti yang diutarakan diatas umumnya orang yang ingin menaiki tangga akan memakai alas kaki seperti sepatu, sandal, dan lain-lain, sehingga lebar anak tangga harus kita lebarkan. Secara umum lebar anak tangga untuk bangunan umum mencapai 40 – 50 cm per anak tangganya, sedangkan untuk bangunan yang bersifat pribadi mencapai 30 – 40 cm.

3. Ketinggian anak tangga

Berbeda dengan poin-poiin yang sudah kami utarakan sebelumnya, pada poin ini parameter yang digunakan adalah kepada umur dan kondisi dari para penghuni itu sendiri. Jika yang ingin dibuat berada pada bangunan public, maka sebaiknya untuk ketinggian yang akan dibuat tidak terlalu tinggi dan curam, karena untuk bangunan public yang akan menggunakan tangga tersebut pastinya akan bermacam-macam orang baik dari usia muda mapun tua. Sebaliknya, jika ingin membuat tangga pada bangunan pribadi, akan menjadi lebih mudah dikarenakan kita dapat lebih mudah mendefinisikan pengguna yang akan menggunakan tangga tersebut. Menurut standar, ketinggian anak tangga untuk bangunan umum dapat menggunakan ketinggian sekitar 18-20 cm, sedangkan pada bangunan rumah tinggal, dapat menggunakan ketinggian 18 cm – 22 cm tergantung dengan sudut kemiringan dari tangga itu sendiri.

Sekian tips yang dapat Penthouse.co.id berikan kepada para pembaca di dalam pembahasan kali ini. Semoga tips yang kami berikan dapat bermanfaat. Terima kasih.