Memilih keramik yang ideal untuk rumah

Pentingnya Memilih Warna yang Tepat untuk Rumahmu
June 4, 2020
Memilih lokasi tanah ideal untuk rumah idaman
June 4, 2020

Memilih keramik yang ideal untuk rumah

Ketika membangun atau merenovasi rumah, keramik lantai merupakan komponen yang penting. Terdapat ribuan jenis keramik di luar sana yang memiliki karakteristiknya masing-masing. Setiap ruangan di rumahmu perlu menggunakan keramik yang sesuai. Maka dari itu, kamu sebaiknya mencari tahu lebih lanjut mengenai jenis keramik apa yang sebaiknya kamu gunakan. Berikut ini Penthouse.co.id sudah merangkum hal-hal yang perlu kamu pertimbangkan saat memilih keramik lantai.

  • Pertimbangkan ukuran ruangan

Salah satu hal yang pertama kali perlu kamu pikirkan saat memilih keramik lantai adalah ukuran ruanganmu. Sesuai dengan ukuran ruanganmu, kamu dapat memilih ukuran keramik lantaimu pula. Untuk memberikan kesan ruangan yang lebih luas, pilihlah ukuran keramik yang agak besar. Sebaliknya, jika kamu ingin mempersempit tampilan ruangan, gunakanlah keramik yang berukuran kecil.

  • Porositas Keramik

Jangan lupakan porositas keramik ketika kamu memilih jenis keramik yang ingin kamu beli. Tingkat porositas keramik menentukan seberapa banyak air yang dapat diserap oleh keramik. Jika kamu ingin memasang keramik di tempat-tempat seperti kamar mandi, dapur, ruang cuci, perhatikanlah hal ini. Tingkat porositas yang direkomendasikan untuk kamar mandi dan dapur ialah sekitar kurang dari hingga 0,5%.

  • Anti licin

Selain faktor estetika, kamu juga perlu mempertimbangkan faktor keamanan. Keramik anti licin dapat kamu pertimbangkan untuk kamar mandimu, atau ruangan lainnya yang memerlukan perlindungan dari lantai licin. Terutama untuk kamu yang tinggal bersama mereka yang sudah lanjut usia atau anak-anak, keramik anti licin dapat menambah rasa aman saat berada di rumah.

  • Sesuaikan dengan kesan yang diinginkan

Jenis keramik yang kamu pilih dapat menentukan kesan yang ingin kamu tampilkan. Style seperti apa yang ingin kamu tampilkan? Misalnya, kamu dapat menggunakan marmer untuk memberikan kesan elegan. Sementara itu, porselen dapat memberikan kesan bersih dan rapih. Kayu memberikan kesan homey dan nyaman. Apapun style yang kamu inginkan, kamu dapat menggunakan keramik yang tepat untuk membuat suasana lebih kental.

  • Mainkan warna

Jangan lupa juga untuk memainkan warna. Kamu bisa bermain aman dengan warna-warna netral seperti putih, hitam, abu-abu, atau krem. Sebaliknya, kamu juga bisa lebih berani dan menggunakan warna yang lebih mencolok. Kolaborasi warna keramik, dinding, dan perabot di rumah mampu menciptakan suasana yang lebih berwarna dan unik.

Dengan memikirkan pertimbangan-pertimbangan yang sudah Penthouse.co.id berikan di atas, semoga kamu bisa memilih keramik lantai yang mana yang sesuai dengan rumahmu. Setelah kamu memilih keramik lantai yang tepat untuk setiap ruangan, kamu dapat menempati rumah dengan aman dan nyaman. Nantikan artikel-artikel kami berikutnya ya.