Tips membuat kamar ideal untuk si kecil

Material rumah anti gempa. Seperti apa ya? Simak ulasan kami berikut.
May 16, 2020
Menghias kamar tidur agar nyaman dan aesthetic
May 17, 2020

Tips membuat kamar ideal untuk si kecil

Pada saat ini banyak sekali orang tua muda di kalangan kita yang mulai memliki dambaan hati di rumah. Hal ini juga menunjang banyaknya kebutuhan akan membuat kamar tersendiri bagi si kecil. Selain untuk investasi masa depan bagi keluarga, hal ini juga akan memberikan ruang bagi si kecil untuk berkembang lebih baik, lebih mandiri dan memiliki privasi sendiri. Untuk itu kami dari Penthouse.co.id akan memberikan tips kepada kamu agar mendapatkan ide untuk membuat kamar yang ideal untuk si kecil.

  • Pilih tema yang sesuai

Terdapat banyak tema yang bisa kamu pilih dalam mendekorasi kamar untuk si kecil. Misalnya tema hutan, galaksi, langit, bawah laut, dan lainnya. Padu padankan warna baik pada dinding, keramik, maupun furnitur sehingga kamar nampak cerah dan berwarna. Meski begitu, jangan terlalu berlebihan sampai-sampai terlalu ramai dan tidak enak dipandang. Selain itu, hindari warna-warna yang terlalu gelap karena biasanya anak kecil tidak terlalu suka dengan kondisi yang gelap karena tidak baik juga untuk kesehatannya.

  • Temperatur yang tepat

Ternyata memastikan bahwa kamar si kecil memiliki temperatur yang tepat sangat penting, lho. Kebanyakan dari pengasuh anak tidak mengetahui fakta ini. Temperatur yang optimal untuk kamar si kecil berkisar di 16-20 derajat Celsius. Meskipun ini terkesan cukup dingin bagi sebagian orang, namun kenyataannya hal ini malah membuat anak merasa lebih nyaman saat tertidur. Hal ini bisa kamu ciptakan dengan membuat jendela pada sisi yang tidak terkena langsung dengan cahaya matahari dan kamu dapat memasang perangkat tambahan seperti Air Conditioning (AC) untuk menunjang suhu atau temperatur yang kamu inginkan.

  • Sediakan mainan untuknya

Sebagai pengasuh si kecil, sudah menjadi kewajiban untuk memberikan kebutuhan bagi si kecil, termasuk mainan. Usia yang masih muda belia adalah usia di mana ia harus banyak bermain dan belajar tentang hal baru. Maka dari itu, kamar untuk si kecil idealnya memiliki persediaan mainan yang cukup. Sediakanlah kontainer atau lemari khusus untuk menyimpan mainan-mainan untuknya dan jangan lupa disusun dengan rapih. Untuk lokasi dari lemari-lemari ini dapat kamu letakkan di sudut-sudut ruangan kamar sehingga terlihat lebih rapi.

  • Posisi kamar yang strategis

Anak kecil perlu mendapatkan pengawasan yang lebih dari orang sekitar sehingga kamarnya sebaiknya ditempatkan di tempat yang strategis. Idealnya, kamar tersebut ditempatkan di dekat kamar sang pengasuh atau di sebelah kamar orang tua. Dengan begitu, jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan maka pengasuh bisa dengan tanggap mengendalikan situasi. Selain itu kamu juga bisa menambahkan connecting door antara kamar orang tua dengan kamar si kecil agar memudahkan pengawasan dan tindakan jika sesuatu terjadi kepadanya.

  • Pencahayaan yang cukup

Pencahayaan juga menjadi faktor penting dalam membangun kamar ideal untuk si kecil. Kamu perlu memastikan bahwa pencahayaan di pagi hari dan malam hari cukup. Pastikan ada jendela agar anak bisa mendapatkan cahaya matahari di pagi hari demi kesehatannya. Sedangkan di malam hari, kamu dapat membeli lampu tidur ataupun lampu belajar.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bagaimana membuat kamar yang ideal bagi sang buah hati. Jangan lupakan tips-tips di atas, ya! Nantikan artikel terbaru untuk tips-tips lainnya tentang rumah idaman anda dari Penthouse.co.id.