Tips menanggulangi kebocoran pada rumah tinggal sedari dini

Membuat tangga ideal untuk rumah hunian anda
October 14, 2019
Desain Tangga L
Hal-hal yang dapat dihemat dalam perencanaan rumah tinggal
November 12, 2019

Tips menanggulangi kebocoran pada rumah tinggal sedari dini

Halo selamat datang kembali di blog Penthouse.co.id. Di kesempatan kali ini kami dari Penthouse.co.id akan membagikan tips-tips yang tidak kalah pentingnya dengan postingan kami sebelumnya, yaitu bagaimana cara menanggulangi kebocoran pada rumah tinggal sedari dini. Kami rasa untuk topik kali ini cukup penting dan relevan untuk pembaca sekalian karena kami yakin banyak diantara pembaca yang masih mengalami masalah tentang kebocoran pada rumah tinggal masing-masing. Adapun tips-tips yang dapat kami berikan untuk menanggulangi kebocoran pada rumah tinggal yaitu :

  1. Periksa sela-sela antar penutup atap.

Pada tips pertama ini kami menyarankan kepada pembaca, untuk mengecek sela-sela antara penutup atap. Jika penutup atap yang anda gunakan adalah penutup atap genteng, maka anda dapat memeriksa sela-sela antara penutup atap genteng tersebut. Jangan biarkan jika ada sela-sela antar genteng yang terbuka yang dapat membuat air dapat masuk ke dalamnya. Gunakan material sealent untuk menutupi areal tersebut dengan rapi. Oleskan material sealent tersebut secara rutin sekitar 2 bulan sekali untuk mencegah lapisan sealent tersebut terkikis oleh kondisi lingkungan.

  1. Gunakan material aquaproof atau lapisan sika pada permukaan dengan tekstur beton.

Terkadang, beberapa rumah tinggal menggunakan lapisan beton pada bagian atap jika tidak menggunakan material genteng untuk menimbulkan kesan minimalis. Namun, akibat perawatan yang tidak rutin pada lapisan tersebut, mengakibatkan retakan-retakan halus pada lapisan beton tersebut sehingga menimbulkan kebocoran-kebocoran kecil pada bagian atap tersebut. Hal ini dapat dicegah dengan secara rutin melapisi lapisan atap beton tersebut dengan menggunakan material aquaproof ataupun lapisan sika pada seluruh permukaan beton secara merata. Sama seperti penggunaan sealent pada sela-sela genteng, penggunaan aquaproof atau sika ini dapat anda aplikasikan secara rutin sekitar 2 bulan sekali untuk mencegah air masuk pada sela-sela retakan beton yang ada.

  1. Penggunaan material dinding hebel (bata ringan) pada areal tanah yang lembab

Terkadang,tidak semua lokasi rumah tinggal memiliki tanah yang ideal untuk dibangun menjadi sebuah rumah tinggal. Ada kalanya tanah yang dibangun tersebut memiliki tingkat kelembapan yang sangat tinggi. Namun banyak orang tidak mengetahui hal tersebut, sehingga penggunaan material yang dipakai adalah menggunakan bata merah ataupun batako. Sedangkan, penggunaan material tersebut tidak sepenuhnya tepat, karena material dinding tersebut sangat mudah meresap air yang masuk melalui tanah akibat tanah yang lembab tadi. Akibatnya, pada saat proses finishing pembangunan, banyak dinding pada rumah tinggal tersebut banyak yang mengalami lembab, sehingga menimbulkan genangan-genangan. Genangan ini akan sulit ditangani jika yang dilakukan hanya dengan pengecatan ulang saja, karena problem utamanya adalah air yang masuk melalui tanah. Jika hal ini sudah terjadi pada rumah anda, maka solusinya adalah pengelupasan cat dan acian pada dinding yang bermasalah terlebih dahulu lalu menggunakan lapisan cat anti air untuk proses finishingnya.

  1. Penggunaan kawat ayam pada pipa yang terhubung dengan closet

Untuk tips nomor 4 ini sebaiknya digunakan pada saat pembangunan sebelum rumah tinggal tersebut digunakan. Kami dari Penthouse.co.id menyarankan untuk pemasangan pipa air pembuangan air kotor terutama pada bagian kloset sebaiknya dilapisi dengan lapisan kawat ayam pada pangkal kloset nya. Hal ini dikarenakan agar pipa pembuangan menyambung dengan kloset terasa lebih rekat pada bagian dak beton (jika kloset berada di lantai 2), hal ini bisa terjadi karena lapisan kawat ayam yang digunakan pada pipa tersebut dapat lebih rekat dengan dak beton daripada tidak menggunakan kawat ayam sama sekali. Jika tidak menggunakan tips diatas, dikhawatirkan dapat terjadi kebocoran pada sela-sela pinggir lubang pipa pembuangan yang tidak rekat dengan dak beton sehingga membuat terjadinya kebocoran pada bagian dak lantai pada areal kamar mandi.

Sekian tips dari Penthouse.co.id yang dapat kami bagikan kepada para pembaca. Semoga tips yang kami bagikan dapat bermanfaat bagi pembaca semua. Terima kasih.